Mengenal Aneka Busana Muslim Pria yang Populer di Indonesia



Beberapa tahun belakangan ini, variasi pakaian muslim pria memang semakin menarik. Kita jadi tak perlu bingung memadukan gaya busana kekinian bila ingin tampil syar’i ketika beraktivitas. Inilah yang membuat Indonesia kerap digadang-gadang sebagai salah satu kiblat tren busana muslim di dunia.

Ternyata, bukan hanya wanita saja yang bisa bergaya dengan aneka busana muslim istimewa. Kaum pria juga akan kelihatan semakin menarik dan maskulin jika menggunakan aneka busana muslim populer berikut ini:

Gamis

Rupanya gamis tak hanya diperuntukkan bagi kaum wanita. Di Arab Saudi, justru model pakaian ini juga kerap digunakan oleh kaum pria. Gamis dikenal dengan sebutan Thobe dalam Bahasa Arab Saudi. Bentuknya menyerupai jubah panjang hingga menutupi bagian mata kaki. Variasi gamis untuk pria tentu memiliki model yang jauh lebih simpel dibandingkan wanita.

Biasanya gamis pria berwarna polos akan dikombinasikan dengan aksen motif di bagian pergelangan tangan, leher, atau dada supaya lebih menarik. Bahan gamis yang nyaman, lentur, dan menyerap keringat akan membuat kita merasa nyaman ketika menggunakannya selama seharian.

Kurtal

Pernah dengar tentang kurtal?

Kurtal adalah jenis busana muslim pria yang sering digunakan di kawasan Asia Selatan. Biasanya kurtal memiliki panjang mencapai lutut sehingga kaum pria harus menggunakan celana panjang untuk bawahan. Kurtal yang berbahan tipis dari katun cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Karena teksturnya ringan dan tidak menimbulkan rasa gerah. Sedangkan kurtal untuk aktivitas formal seperti pesta kerap digunakan dari bahan yang lebih mewah, misalnya sutra. Penggunaan kurtal berbahan mewah akan membuat penampilan pria kelihatan lebih berkelas.

Sarung

Hingga saat ini, penggunaan sarung masih populer sebagai salah satu busana muslim di tanah air. Biasanya sarung terbuat dari beraneka jenis bahan seperti katun, sutra, atau polyester. Ketika menggunakan sarung, kita akan tetap merasa nyaman dan leluasa bergerak. Perbedaan warna dan motif sarung biasanya menunjukkan tujuan penggunaan sarung tersebut. Sarung dengan motif kotak-kotak biasa tentu lebih cocok untuk aktivitas sehari-hari. Sedangkan sarung dengan motif yang lebih mewah pasti lebih pas digunakan untuk acara formal.

Sherwani

Istilah sherwani mungkin masih terdengar asing bagi pria di tanah air. Sherwani memiliki bentuk menyerupai kurtal tetapi model dan bahannya berbeda. Sherwani biasanya memiliki model menyerupai huruf A sehingga penggunanya akan terkesan lebih ramping. Selain itu, sherwani juga selalu dibuat dari bahan berkualitas. Karena dulu sherwani hanya dikenakan oleh para bangsawan untuk memperingati acara-acara penting.

Baju Koko

Jenis baju muslim yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Baju koko merupakan busana muslim yang sangat nyaman dan sering digunakan kaum pria Indonesia. Biasanya baju koko terbuat dari bahan yang tidak terlalu tebal. Motif dan panjang lengannya pun bermacam-macam sehingga kita bebas memilih sesuai kebutuhan.

Jika ingin tampil maskulin dengan gaya busana santai, baju koko putih bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena baju koko putih cocok untuk semua warna kulit dan bentuk tubuh. Cara merawat baju koko putih juga tidak terlalu sulit. Kita hanya perlu merendamnya dalam larutan deterjen kalau ada noda membandel yang menempel pada permukaannya. Penggunaan baju koko putih akan membuat tubuh kita kelihatan makin proporsional.



Di antara kelima busana muslim pria tersebut, manakah yang paling menarik untuk dicoba?

Tak ada salahnya jika kita mengoleksi kelima busana muslim tersebut. Sehingga penampilan kita tidak monoton ketika beraktivitas atau menghadiri acara penting.


Related Posts

Mengenal Aneka Busana Muslim Pria yang Populer di Indonesia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.